Guna Hindari Sakit, Jangan Panaskan Ulang 5 Makanan ini

Senin, 14 Maret 2016 - 08:08 WIB
Guna Hindari Sakit,...
Guna Hindari Sakit, Jangan Panaskan Ulang 5 Makanan ini
A A A
MELBOURNE - AHLI telah mengungkapkan lima makanan yang harusnya Anda tidak panaskan lagi karena mengkonsumsi mereka kembali bisa membuat Anda sakit.

Mulai dari perut yang marah (sakit) akan menciptakan karsinogen, pemanasan kembali makanan ini dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berbeda, yang banyak orang mungkin tidak tahu tentang, menurut laporan The Sun, seperti dilansir dari situs news.com.au.

Informasi dari Badan Standar Makanan Inggris dan Dewan Informasi Makanan Eropa menyoroti lima makanan yang Anda harus hindari untuk dipanaskan lagi lantas dikonsumsi, dan harus menyimpannya dengan hati-hati.

1. AYAM
Ayam dan unggas lainnya memiliki sejumlah kontaminasi salmonella, yang berarti mereka harus dimasak dengan hati-hati.

Masalah utama dengan pemanasan ayam dalam microwave, dibandingkan dengan metode lain, adalah bahwa gelombang panas tidak secara rata memasak semua bagian dari makanan.

Jadi, daerah dimana makanan ini dimasak lebih cepat dan juga ayam memiliki kepadatan protein yang lebih tinggi dari daging merah, ketika protein dipanaskan akan terpecah secara berbeda, yang menyebabkan sakit perut.

Tipsnya, ketika dimasak ayam harus sering diputar untuk memastikan seluruh bagian dimasak secara merata baik bagian dalam dan luar.

2. BERAS/NASI
Menurut Badan Standar Makanan, penyimpanan beras sebenarnya lebih penting daripada pemanasan itu sendiri. Jika ditinggalkan di suhu ruangan, spora diberi kondisi sempurna untuk berkembang biak, yang bisa membuat racun yang menyebabkan muntah atau diare. Dan sayangnya, pemanasan beras tidak akan menyingkirkan racun tadi.

3. KENTANG
Demikian pula kentang serupa dengan nasi. Kentang harus disimpan dengan benar setelah dimasak; karena jika tidak, bakal menciptakan kondisi ideal untuk pertumbuhan bakteri.

Meninggalkan kentang di luar suhu ruangan, terutama jika mereka berada dalam kertas timah sehingga oksigen yang terus keluar, dapat mengakibatkan pertumbuhan Clostridium botulinum (botulism).

Dan pemanasan kembali kentang tidak akan membunuh bakteri yang tumbuh, jadi disarankan Anda mendinginkan kentang dengan aman dan tidak meninggalkan mereka di luar lemari pendingin.

4. JAMUR
Menurut Badan Informasi Makanan Eropa, jamur memiliki protein yang dapat dengan mudah dihancurkan oleh enzim dan mikroorganisme.

Jadi, jika mereka tidak disimpan dengan benar dan kemudian dipanaskan, mereka dapat menyebabkan sakit perut.

Tapi Dewan mengatakan: "Jika mereka disimpan di lemari es dan tidak lebih 24 jam, secara umum tidak ada masalah untuk memanaskan jamur lagi pada suhu direkomendasikan dari 70 derajat Celcius."

5. BAYAM DAN SAYURAN LEAFY LAINNYA
Tergantung di mana sayuran ditanam, bayam dan sayuran berdaun lainnya dapat mengandung konsentrasi tinggi nitrat.

Meskipun nitrat sama sekali tidak berbahaya, menurut Badan Informasi Makanan Eropa, sayuran tadi dapat dikonversi ke nitrosamin, yang dapat berubah menjadi karsinogenik.

Ini dapat mempengaruhi kemampuan aliran darah untuk membawa oksigen dan menghasilkan kondisi yang dikenal sebagai "Baby Blue Syndrome" yang dapat mempengaruhi anak-anak.

Untuk alasan ini, dewan menyarankan orang untuk menghindari pemanasan bayam.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)